BWF Buka Suara soal Kontroversi Final Hylo Open 2022, Kemenangan Anthony Tidak Melanggar Aturan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 8 November 2022 | 13:14 WIB
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menjadi juara pada Hylo Open 2022. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya buka suara mengenai kontroversi yang terjadi pada final tunggal putra Hylo Open 2022.

Keberhasilan pebulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menjuarai Hylo Open 2022 harus sedikit ternoda karena insiden yang terjadi jelang berakhirnya laga.

Saat reli yang menghasilkan poin 23-22 bagi keunggulannya di gim ketiga, umpire alias wasit lapangan memberikan poin fault kepada Anthony.

Umpire melihat bahwa kok sudah mendarat di lantai sebelum dikembalikan oleh Chou Tien Chen (Taiwan) yang menjadi lawan Anthony.

Chou Tien Chen sontak melakukan protes. Dia tidak merasa seperti itu kejadiannya. Menurutnya tidak ada yang salah dengan pengembaliannya.

Pertandingan sempat terhenti karena insiden ini.

Chou berusaha mencari pembenaran dengan meminta tayangan ulang hingga bertanya kepada hakim servis dan referee atau wasit turnamen.

Pada akhirnya, keputusan wasit lapangan tidak berubah. Poin tetap diberikan kepada Anthony sehingga championship point kembali tercipta.

Anthony segera mengunci kemenangan. Backhand menyilang yang mengecoh Chou memastikan gelar jatuh ke tangannya. Skor 18-21, 21-11, 24-22 menutup laga.

Baca Juga: Simpati Anthony untuk Chou Tien Chen yang Marah dan Ancam Mogok Tanding gegara Poin Kontroversi