PIALA DUNIA - Demi Ciptakan Udara Bebas Asap, FIFA Larang Tembakau dan Rokok Ada di Stadion

By Khasan Rochmad - Senin, 14 November 2022 | 09:30 WIB
Trofi juara Piala Dunia saat dipamerkan dalam acara FIFA di New York, AS (16/6/2022). (YUKI IWAMURA/AFP)

BOLASPORT.COM - Badan sepak bola dunia, FIFA, melarang penggunaan tembakau dalam rokok termasuk jenis elektrik demi menciptakan udara bebas asap di dalam stadion selama Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung dalam waktu kurang dari sepekan, tepatnya mulai 20 November mendatang.

Sejumlah persiapan telah dirampungkan oleh Qatar dalam menyambut lebih dari satu juta pengunjung yang akan hadir ke negara Timur Tengah ini.

Demi kelancaran dan kenyamanan selama penyelenggaran, FIFA bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO ingin menciptakan turnamen yang sehat dan aman.

Penerapan kebijakan ini bertujuan untuk mengkampanyekan pengendalian tembakau yang setiap tahun mengancam nyawa pemakainya.

Dalam pernyataannya, sebuah acara olahraga besar bisa berhasil menerapkan kebijakan ini jika bisa bekerja sama dengan baik.

"Masing-masing dari tiga mitra telah lama mempromosikan langkah-langkah pengendalian tembakau yang efektif," menurut Rayana Bou Haka, Perwakilan WHO untuk Qatar.

"Sementara itu, hal tersebut juga untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya kesehatan dari tembakau."

Baca Juga: Skuad Timnas Kanada di Piala Dunia 2022 - John Herdman Panggil 26 Pemain, Ada Alphonso Davies dan Calon Pemain Tertua