Menjuarai MotoGP 2022, Francesco Bagnaia Mendapatkan Penghargaan Collare d’Oro

By Wawan Saputra - Selasa, 15 November 2022 | 19:00 WIB
Penganugrahan gelar Collare d'Oro dari Komite Olimpiade Italia (CONI) kepada Francesco Bagnaia (TWITTER.COM/CONI)

BOLASPORT.COM - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mendapatkan penghargaan Collare d’Oro dari Komite Olimpiade Italia (CONI) berkat keberhasilannya menjuarai MotoGP 2022.

Publik Italia sudah cukup lama menantikan pembalapnya menjadi yang terbaik pada ajang MotoGP.

Pasalnya kejayaan pembalap Italia terakhir yang menjadi juara di kelas utama adalah Valentino Rossi pada tahun 2009.

Setelah itu praktis belum ada lagi pembalap Italia yang mampu menjadi juara dunia, karena selama satu dekade terakhir MotoGP didominasi oleh pembalap dari Spanyol.

Tahun ini Bagnaia berhasil menjadi juara dunia setelah bekerja keras untuk mengalahkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Tidak heran jika tahun ini Bagnaia disambut bagaikan pahlawan di kampung halamannya, Bagnaia juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah Italia.

Bagnaia dianugerahi Collare d’Oro, penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari CONI kepada para atlet yang berprestasi dikancah internasional.

Berkat penghargaan tersebut, kini Bagnaia sejajar dengan atlet voli, perenang, atlet anggar dan para atlet yang meraih medali di ajang Olimpiade atau kejuaraan dunia.

Bagnaia menerima penghargaan ini untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya menerima penghargaan yang sama setelah menjadi juara dunia Moto2 pada tahun 2018 yang lalu.