Jika Honda Hanya Fokus Pada Marquez, Mir dan Rins Bisa Terganggu

By Wawan Saputra - Selasa, 15 November 2022 | 21:00 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat menjalani tes MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo. Valencia, Spanyol, Selasa (8/11/2022) (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez sedang gencar melakukan pengembangan RC213V bersama Honda agar kompetitif musim depan, tapi hal tersebut dinilai bisa menganggu proses adaptasi dari Joan Mir dan Alex Rins.

Honda pada musim ini tampil memble, di mana para pembalap mereka baik dari tim pabrikan dan satelit kesulitan untuk bersaing.

Dari empat pembalap yang ada di grid musim ini, Honda gagal meraih satu kemenangan pun pada MotoGP 2022.

Bahkan, Honda mengalami masa terburuknya selama 40 tahun terakhir, setelah tidak mampu mencetak poin pada MotoGP Jerman 2022.

Situasi yang serba sulit ditambah performa RC213V yang tak kompetitif membuat Honda menempati posisi paling buncit di klasemen konstruktor.

Honda semakin merana ketika Marquez absen untuk menjalani operasi pada tangannya yang berdampak kepada proses pengembangan motor.

Sejak Dani Pedrosa pensiun pada musim 2018, pengembangan Honda memang lebih mengandalkan Marquez.

Kini setelah Marquez kembali dari pemulihan cederanya, Honda mulai berbenah dan mencoba untuk kembali kompetitif.

Akan tetapi, menurut pengamat MotoGP Carlo Pernat, pengembangan Honda yang masih berfokus pada Marquez berpotensi mengganggu adaptasi dari dua pembalap barunya.