Alasan Tim Milik Valentino Rossi Tolak Motor Terbaru untuk Musim Depan

By Wawan Saputra - Jumat, 18 November 2022 | 11:30 WIB
Dua pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (bawah) dan Luca Marini (atas) ketika bersaing pada MotoGP Italia 2022 di Sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022). (DOK. MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Tim Mooney VR46 milik Valentino Rossi memutuskan untuk tidak menggunakan Desmosedici GP23 pada musim 2023 mendatang.

Dua pembalap tim Mooney VR46, Luca Marini dan Marco Bezzecchi dipastikan akan menunggangi Desmosedici GP22, seperti yang digunakan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) musim ini.

Performa Desmosedici GP22 sudah tidak perlu diragukan lagi, motor tersebut menjadi senjata utama yang mengantarkan Bagnaia meraih gelar juara dunia MotoGP 2022.

Desmosedici GP22 sudah memenangkan banyak podium sepanjang musim 2022, salah satu yang fenomenal adalah empat kemenangan beruntun yang dicetak oleh Bagnaia.

Kemenangan tersebut berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dicetak oleh Casey Stoner bersama Ducati dengan tiga kemenangan beruntun.

Tahun ini sebenarnya Marini sudah diberi kesempatan untuk menggunakan motor yang sama, dengan pembalap tim pabrikan Ducati dan juga tim Pramac Racing. Sementara itu, Bezzecchi masih menggunakan Desmosedici GP21.

Tim milik Rossi tersebut dipastikan tidak akan menggunakan motor terbaru dari pabrikan Borgo Panigale lagi.

Tentunya ini menjadi pertanyaan besar, kenapa tim Mooney VR46 justru memilih motor versi lawas ketimbang menggunakan motor versi terbaru.

Apakah ada permasalahan dengan biaya sewa yang terlalu tinggi sehingga memberatkan keuangan tim? Atau ada alasan lainnya.