Seri Penutup Jadi Balapan Paling Ramai, Bos MotoGP Puas dengan Catatan

By Wawan Saputra - Senin, 21 November 2022 | 15:15 WIB
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengaku puas dengan gelaran seri penutup MotoGP 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol. Pasalnya balapan itu menjadi seri paling ramai walau masih ada beberapa catatan.

Musim ini banyak kritik dan masukan dari berbagai pihak terkait dengan gelaran MotoGP, pasalnya jumlah penonton yang hadir mengalami penurunan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Para pengamat MotoGP menilai hal tersebut tidak lepas dari banyaknya teknologi yang digunakan, sehingga membuat pembalap kesulitan melancarkan aksi manuver.

Tak ayal, penonton pun merasa bosan karena jalannya persaingan terasa berbeda dengan era sebelumnya.

Selain masalah tersebut, berakhirnya era pembalap ikonik seperti Valentino Rossi juga menyumbang peran menurunnya jumlah penonton MotoGP.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Rossi merupakan salah satu magnet di MotoGP, Rossi memiliki basis penggemar yang cukup banyak di seluruh dunia.

Rossi yang sudah gantung helm akhir musim lalu, dinilai membuat penonton jadi enggan menonton langsung ke sirkuit.

Salah satunya cukup terlihat pada MotoGP Italia 2022 di Sirkuit Mugello, di mana total penonton yang datang langsung hanya mencapai 74.078 orang.

Sementara itu, pada MotoGP San Marino 2022 yang notabene menjadi balapan kandang The Doctor saat masih aktif, total penonton hanya 101.440 orang.