Shin Tae-yong Pasang Standar Tinggi, Utusan PSSI Beberkan Lika-Liku Proses Naturalisasi

By Wila Wildayanti - Senin, 12 Desember 2022 | 20:00 WIB
Utusan PSSI terkait pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan, saat diwawancarai di kawasan Kemang, Jakarta, 10 Desember 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Utusan PSSI untuk naturalisasi, Hamdan Hamedan menceritakan bagaimana proses naturalisasi dimulai hingga standar tinggi yang ditetapkan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia memang belakangan ini melakukan naturalisasi beberapa pemain dan terbaru ada dua pemain yang telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kedua pemain yang resmi menjadi WNI itu yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sementara untuk Shayne Pattynama masih dalam proses naturalisasi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dipastikan Tanpa Uji Coba Menuju Piala AFF 2022

Bahkan ada beberapa pemain untuk timnas U-20 Indonesia yang juga masih dalam proses naturalisasi yakni Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Proses naturalisasi yang sudah dilakukan saat ini itu dimulai dengan perjalanan dan perjuangan yang panjang.

Hamdan Hamedan mengatakan bahwa nama-nama di atas itu bisa didapatkan hingga dimulai naturalisasi seelah pencarian yang membutuhkan proses panjang.

“Jadi gini, pada saat saya menciptakan database, sebelum saya bicara mengenai Coach Shin ya. Saya menciptakan database itu menggunakan berbagai macam website, transfermrkt, FIFA, KNVB, semua website itu kita kumpulkan, kita crawling tuh data-data pemain tersebut. Nah itu akhirnya dapet lah begitu banyak nama,” ujar Hamdan Hamedan kepada awak media termasuk BolaSport.com di Kawasan Kemang, Jakarta, Sabtu (10/12/2023).