Shin Tae-yong Dibayangi Rekor Buruk Para Pendahulunya Kala Menangani Timnas Indonesia di Piala AFF

By Sasongko Dwi Saputro - Selasa, 20 Desember 2022 | 11:15 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, nampak sedang memantau para pemainnya saat bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Nasib pelatih timnas Indonesia sering kurang baik saat melakoni Piala AFF keduanya. Apakah Shin Tae-yong berhasil mematahkan mitos tersebut?

Timnas Indonesia rutin mengikuti turnamen Piala AFF sejak dicetuskan kali pertama pada 1996.

Namun, timnas Indonesia juga punya catatan buruk untuk para juru taktiknya kala menangani skuat Garuda kala bertanding di Piala AFF.

Sebagai catatan saja, hanya ada satu pelatih timnas Indonesia yang mampu menangani di tiga edisi Piala AFF, yaitu Alfred Riedl.

Namun, Alfred Riedl menangani timnas Indonesia tidak dalam tiga edisi berurutan, melainkan pada edisi 2010, 2014, dan 2016.

Sementara hanya ada dua nama pelatih timnas Indonesia yang berhasil mencatatkan dua edisi Piala AFF.

Selain Shin Tae-yong, ada nama Peter Withe yang berhasil menangani timnas Indonesia pada dua gelaran Piala AFF secara beruntun.

Selain kedua nama tersebut, mereka hanya bertahan satu edisi Piala AFF saja.

Khusus untuk kedua nama pendahulu Shin Tae-yong di timnas Indonesia, mereka punya catatan buruk kala menangani timnas Indonesia pada edisi keduanya di Piala AFF,