Eks Dirut PT LIB Dibebaskan dari Penjara karena Penyidik Belum Lengkapi Berkas

By Bagas Reza Murti - Kamis, 22 Desember 2022 | 12:15 WIB
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, sedang wawancara eksklusif dengan BolaSport.com pada 19 November 2020 (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Eks Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dibebaskan dari tahanan Polda Jatim karena berkasnya tak kunjung dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum.

Akhmad Hadian Lukita merupakan salah satu dari 6 tersangka kasus tragedi Kanjuruhan yang merenggut 133 nyawa.

Ia dibebaskan karena berkasnya tak kunjung dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (P-19).

Sementara, masa penahanan Akhmad Hadian Lukita di Polda Jatim telah habis.

5 tersangka lain yakni Abdul Harris, Suko Sutrisno, Wahyu Setyo, Has Darmawan dan Bambang Sidik Achmadi berkasnya telah dinyatakan lengkap (P-21).

Baca Juga: Madura United Tertarik Datangkan Bintang Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri

Kasipenkum Kejati Jatim Fathur Rohman mengatakan untuk berkas Akhmad Hadyan Lukita belum dinyatakan lengkap (P-19), artinya tersangka belum bisa dlimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menjalani tahap kedua atau tahap penuntutan.

"Terhadap berkas perkara dengan tersangka AHL dari PT LIB, Jaksa Penuntut Umum mengembalikan kepada penyidik, dikarenakan tidak terpenuhi unsur pasal yang disangkakan sehingga belum layak untuk dilimpahkan ke tahap penuntutan," kata Fathur Rihman dilansir BolaSport.com dari Surya Malang.

Meski dibebaskan, Akhmad Hadian Lukita tidak bisa serta merta melenggang dari perkara hukum yang tengah dijalani.