Ganda Putra Malaysia Harus Kalahkan Stres dan Tekanan untuk Bisa Mendominasi

By Delia Mustikasari - Minggu, 25 Desember 2022 | 14:00 WIB
Atlet bulutangkis ganda putra Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik, sedang bertanding di Istora Senayan, Jakarta, 9 Juni 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mencapai peringkat tertinggi dalam karier mereka dengan menduduki peringkat ketiga dunia menjelang Malaysia Open 2023, 10-15 Januari.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik meraih hasil manis dengan menjadi Juara Dunia 2022. Predikat tersebut membuat mereka menjadi pasangan yang diharapkan Malaysia dalam turnamen-turnamen level tinggi.

Direktur kepelatihan ganda, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Rexy Mainaky telah menjelaskan bahwa Aaron Chia/Soh Wooi Yik ditargetkan minimal meraih medali perak pada Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Marc Marquez Diharapkan Mampu Memberikan Kejutan pada MotoGP 2023

Direktur teknis BAM,  Tim Jones menunjukkan bahwa Chia/Soh harus belajar untuk hidup dengan tekanan. Dia meyakinkan bahwa timnya melakukan segalanya untuk membantu para pemain dalam mengelola stres.

"Jujur saja, ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh Aaron/Wooi Yik. Sekarang mereka adalah peringkat ke-3 dunia. Mereka diharapkan mencapai setidaknya semifinal atau final dari setiap turnamen yang diikuti," kata Jones dilansir BolaSport.com dari News Straits Times.

"Hasil pada BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok itu adalah sesuatu yang tidak ingin kami alami lagi dalam waktu dekat," ucap Jones.

Chia/Soh gagal melangkah ke babak semifinal karena menjadi juru kunci di fase grup.

"Sejak kembali, semua orang berlatih sangat keras. Dalam beberapa hal, hasil Malaysia Open bisa menjadi penebusan," kata Jones.

Chia/Soh yang tidak mencatatkan satu pun kemenangan pada BWF World Tour Finals 2022 akan melawan Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan (Taiwan) pada babak pertama Malaysia Open 2023.