Piala AFF 2022 - Timnas Indonesia Pernah Menang 9-0 atas Brunei Darussalam, Jadi Mangsa Paling Empuk di ASEAN

By Guntur Aji Bayu Riyanto - Senin, 26 Desember 2022 | 12:00 WIB
Menjelang laga kedua di Piala AFF 2022, timnas Indonesia tercatat pernah meraih kemenangan dengan skor 9-0 atas timnas Brunei Darussalam sehingga menjadikannya sebagai mangsa paling empuk di kawasan ASEAN. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menjelang laga kedua di Piala AFF 2022, faktanya timnas Indonesia pernah meraih kemenangan dengan skor 9-0 atas timnas Brunei Darussalam sehingga menjadikannya sebagai mangsa paling empuk di kawasan ASEAN.

Dilansir BolaSport.com dari Transfermarkt, timnas Indonesia sukses menyarangkan 9 gol tanpa balas ke gawang Brunei Darussalam pada pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Asia tahun 1971.

Kala itu, timnas Indonesia 'membantai' timnas Brunei Darussalam di kandang sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Hingga saat ini, skor 9-0 atas Brunei Darussalam merupakan kemenangan terbesar yang diraih timnas Indonesia atas negara asal Asia Tenggara.

Dengan demikian, Brunei Darussalam bisa dibilang menjadi mangsa paling empuk yang dihadapi timnas Indonesia.

Setelah Brunei Darussalam, kemenangan terbesar kedua dan ketiga timnas Indonesia atas negara Asia Tenggara lainnya terjadi ke gawang Kamboja.

Skuad Garuda pernah memetik kemenangan dengan skor 8-0 atas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Grup 5 Kualifikasi Piala Dunia 1997-1998.

Adapun kemenangan lainnya tercipta pada laga Grup 7 Kualifikasi Piala Asia 2000 dimana timnas Indonesia mampu menekuk Kamboja dengan skor 9-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Timnas Indonesia kini akan kembali berhadapan dengan Brunei Darussalam dalam pertandingan tandang Grup A Piala AFF 2022.