PV Sindhu Jadi Olahragawan Putri dengan Bayaran Tertinggi Ke-12 pada 2022

By Delia Mustikasari - Senin, 26 Desember 2022 | 15:30 WIB
Tunggal putri India, Pusarla Venkatta Sindhu, saat berlaga di Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Daftar tahunan atlet putri dengan bayaran tertinggi versi Forbes didominasi oleh pemain tenis.

Pebulu tangkis tunggal putri India, Pusarla Venkata Sindhu, adalah satu-satunya pemain India yang masuk dalam 25 besar daftar tahunan atlet putri dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes.

Pusarla Venkata Sindhu menempati posisi ke-12 di belakang pemain WNBA, Candace Parker dan di atas pemain tenis, Leylah Fernandez.

Pebulu tangkis berusia 27 tahun itu mendapat tambahan pemasukkan setelah memenangkan medali emas nomor perorangan dan medali perak nomor beregu pada Commonwealth Games 2022.

Baca Juga: Curhatan Pebulu Tangkis Muda Indonesia, Bangga Tembus Pelatnas 

Sindhu menghasilkan 7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 109 miliar dari total pendapatannya sebesar 7,1 juta dolar AS dari sumber di luar hadiah turnamen bulu tangkis 

Daftar tersebut menunjukkan bahwa sponsorship dan duta besar lebih menguntungkan daripada hadiah uang atau nilai kontrak dalam olahraga perempuan karena sebagian besar olahragawan putri dengan bayaran tertinggi memperoleh lebih banyak penghasilan di luar lapangan.

Seperti biasanya, pemain tenis mendominasi daftar sebanyak 12 di 25 besar, dan tujuh di 10 besar, tetapi kesuksesan di lapangan bukanlah alasannya.

Petenis tunggal putri peringkat satu dunia, Iga Swiatek (Polandia) ditempatkan di urutan keenam setelah tahun penting yang membuatnya memenangkan 37 pertandingan berturut-turut dan gelar French Open dan US Open 2022.

Tetapi, Naomi Osaka (Jepang) menduduki puncak daftar, Serena Williams mengikuti di urutan kedua, dan Emma Raducanu di urutan keempat meskipun tidak ada dari ketiganya yang memiliki musim yang luar biasa.