Bos LCR Honda Ungkap Alasan Tim Tak Banyak Protes soal Padatnya Jadwal MotoGP 2023

By Wawan Saputra - Minggu, 1 Januari 2023 | 14:00 WIB
Pembalap tim LCR Honda, Alex Rins pada saat sesi tes resmi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (8/11/2022) (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Bos LCR Honda, Lucio Cecchinello ungkap alasan kenapa tim MotoGP tidak banyak protes meski MotoGP 2023 memiliki jadwal yang padat, salah satunya Dorna Sports memberikan kompensasi yang setimpal.

MotoGP 2023 akan dijalankan dengan format baru oleh Dorna Sports, selain penambahan balapan jadi 21 seri akan ada sprint race.

Sprint race akan dilangsungkan pada hari Sabtu, namun bukan balapan penuh seperti hari Minggu melainkan hanya setengahnya saja.

Meski hanya setengah dari balapan sebenarnya, tentu keberadaan sprint race membuat kebutuhan setiap tim MotoGP juga bertambah.

Dengan adanya sprint race maka jika ditotal para pembalap MotoGP 2023 akan menjalani 42 balapan dalam satu musimnya.

Tantangan semakin bertambah, ketika tim dan pembalap akan mengunjungi sepuluh negara berbeda yang berada di luar Eropa.

Perubahan besar yang dilakukan ini membuat beban kerja untuk tim menjadi semakin berat, selain itu tekanan juga akan semakin besar.

Sebenarnya banyak pihak yang telah memberikan kritik kepada Dorna Sports terkait perubahan besar pada MotoGP 2023.

Tapi tim-tim MotoGP justru tetap tenang menghadapi situasi ini, bahkan beberapa tim mengatakan tidak akan menambah jumlah personel untuk mengurusi semua kebutuhan MotoGP.