Malaysia Open 2023 - Legenda Sadarkan Wakil Tuan Rumah Harus Bertaji di Kandang Sendiri

By Wahid Fahrur Annas - Senin, 2 Januari 2023 | 19:00 WIB
Atlet bulutangkis ganda putra Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik, sedang bertanding di Istora Senayan, Jakarta, 9 Juni 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Legenda ganda putra bulu tangkis Malaysia, Koo Kien Keat, menekankan para wakil tuan rumah harus tampil menggigit pada Malaysia Open 2023.

Koo Kien Keat mendesak para pebulu tangkis Malaysia untuk membalas dukungan dari publik sendiri dengan penampilan terbaik.

Pasalnya, pencapaian wakil Malaysia dinilai gagal memenuhi ekspetasi sebagai tuan rumah pada dua edisi terakhir Malaysia Open pada tahun 2019 dan 2022. Mereka dipaksa cuma jadi penonton saat tak ada satu pun wakil tuan rumah yang berlaga pada partai puncak.

Musim lalu pada sektor ganda putra, mereka bahkan berpeluang menciptakan All Malaysian Final melalui Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani.

Namun, tak ada satu pun dari mereka yang lolos ke babak final usai kedua jagoan tuan rumah tersebut tumbang dari lawannya.

Baca Juga: Sudah Lupakan Kekecewaan, Aaron Chia/Soh Wooi Yik Siap Tempur Jalani Musim yang Krusial

Chia/Soh harus terhenti dari wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, sedangkan Goh/Nur dikalahkan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Mereka belum berhasil kembali merebut gelar juara di sektor ganda putra setelah terakhir kali diraih oleh Goh V Shem/Lim Khim Wah sebagai ganda putra tuan rumah pada tahun 2014.

Adapun pada edisi tahun 2019, wakil Malaysia justru banyak bertumbangan dan hanya meloloskan satu wakilnya ke babak semifinal melalui ganda campuran, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Akan tetapi, satu-satunya harapan tuan rumah itu juga harus terhenti usai kalah dari wakil China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.