Tantangan Anthony Sinisuka Ginting untuk Pecahkan Misteri Viktor Axelsen

By Ardhianto Wahyu Indraputra,Alif Mardiansyah - Kamis, 5 Januari 2023 | 12:45 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, 4 Januari 2023. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis nomor satu, Viktor Axelsen (Denmark) telah menjadi nemesis pemain andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Anthony memerlukan lebih dari sekadar meracik resep untuk menang.

Anthony Sinisuka Ginting seolah buntu setiap kali berhadapan dengan Viktor Axelsen.

Di tengah kebangkitan performa yang dialaminya pada 2022, Anthony masih belum bisa menembus dominasi pemain kelahiran Odense, Denmark, ini.

Anthony selalu kalah dari Axelsen dalam 9 pertemuan terakhir dari semifinal Thailand Open pada 2021 hingga final World Tour Finals pada Desember lalu.

Sebagai gambaran, rentetan hasil minor ini telah mengubah rekor pertemuan kedua pemain dari semula 4-2 untuk keunggulan Anthony menjadi 4-11.

Axelsen sendiri memang berhasil menciptakan situasi ketika dia berada di atas level pemain-pemain lainnya.

Tubuh jangkung setinggi 194cm yang sebelumnya dianggap sebagai batasan mampu diubah Axelsen menjadi senjata untuk menjangkau setiap sisi bidang permainan.

"Axelsen punya kemampuan lain daripada yang lain karena intinya dari postur (dia lebih tinggi) sehingga lebih efisien dari segi menerapkan permainan," papar Anthony pada Oktober lalu.

"Jadi, otomatis kita sudah harus siap untuk capek. Itu kunci utamanya dari match sebelumnya yang pernah saya jalani dengan dia."

Baca Juga: Ranking 2 Meski Tak Lagi Muda, Kans Ahsan/Hendra ke Olimpiade Diyakini Masih Terbuka