Perbasi Koordinasi ke Menpora Terkait Pemain Naturalisasi Hadapi SEA Games 2023

By Muhamad Husein - Rabu, 18 Januari 2023 | 05:15 WIB
Sekretaris Jendral PP Perbasi, Nirmala Dewi, sedang memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, 17 Januari 2023. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk naturalisasi pemain.

Dalam kunjungannya ke kantor Kemenpora, Selasa (17/1/2023), Sekretaris Jenderal Perbasi, Nirmala Dewi, membahas masalah tersebut dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali.

Sejauh ini proses naturalisasi Anthony Beane sudah dalam proses dan Menpora juga sudah setuju.

Dengan target mempertahankan medali emas pada SEA Games 2023 di Kamboja, diharapkan program ini nantinya bisa membuat Timnas Indonesia melanjutkan tradisi baik.

"Pembahasan naturalisasi sudah dibicarakan, seharusnya sudah disetujui oleh Menpora. Hari ini kami membahasnya bersama," ungkap Nirmala saat ditemui di kawasan Gerbang Pemuda pada hari yang sama.

Perbasi sudah memberikan penjelasan kepada beberapa pihak mengenai urgensi melakukan naturalisasi pemain lagi.

Setelah naturalisasi Marques Bolden dari Amerika Serikat berakhir cukup sukses, Perbasi mencoba kembali melakukan peruntungan serupa.

Langkah naturalisasi tak hanya diambil Indonesia tetapi juga negara-negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan bahkan Filipina.

Menjelang SEA Games 2023, Filipina melakukan naturalisasi terhadap Justin Brownlee.

Baca Juga: IBL 2023 - Comeback Manis, West Bandits Solo Kandaskan Perlawanan RJ Amartha Hangtuah Jakarta