Tidak Hanya Mahir Teknologi, Ini Karakteristik dan Sejumlah Kebiasaan Gen Z

By Nana Triana - Jumat, 27 Januari 2023 | 13:08 WIB
Generasi Z memiliki karakter serta kebiasaan yang berbeda dari generasi lainnya. (Dok. Freepik.com)

BOLASPORT.COM – Perbincangan mengenai karakter lintas generasi sering terjadi di media sosial. Keunikan karakter yang dimiliki setiap generasi pun dapat berbeda satu dengan yang lainnya.

Khususnya, generasi yang lahir pada rentang tahun 1997 hingga 2012 disebut sebagai Generasi Z (gen Z). Sama seperti lainnya, anak-anak muda generasi ini ternyata memiliki beragam karakteristik.

Apalagi generasi ini tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi, sehingga sebagian besar Gen Z mahir dalam mengoperasikan smartphone, laptop, hingga perangkat gadget lainnya.

Ternyata, selain andal dalam penggunaan teknologi, paparan internet juga membuat karakter Gen Z berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, baik dalam hal cara berpikir maupun kebiasaan.

Ketika ingin membeli baju atau gadget, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat akan mengikuti rekomendasi dari para influencer di media sosial.

Dalam pekerjaan dan pendidikan, Gen Z juga termasuk ke dalam kelompok yang sangat mengutamakan keseimbangan dalam hidup, serta peduli akan kesehatan mental.

Di kehidupan sehari-hari, Gen Z punya berbagai kebiasaan khusus yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Sementara ketika ingin mengunjungi tempat hits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.