NOC Indonesia Harapkan Prestasi Atlet Panahan pada Asian Games Hangzhou

By Wahid Fahrur Annas - Rabu, 8 Februari 2023 | 22:45 WIB
Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari (kiri) dan Arsjad Rasjid (kanan) selaku Ketua Persatuan Panahan Indonesia (NOC Indonesia/Naif Al’As )

BOLASPOT.COM - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari berharap kemajuan bagi peningkatan prestasi panahan Indonesia.

Panahan merupakan cabang olahraga (cabor) Olimpiade serta olahraga yang menjadi akar budaya Indonesia.

Hal itu disampaikan Okto dalam pelantikan Arsjad sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PP Perpani) periode 2022-2026 di Lapangan Panahan, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Panahan ini penyumbang medali Olimpiade pertama untuk Indonesia. Setiap Olimpiade pun selalu hadir di Olimpiade," ujar Okto.

"Panahan juga olahraga kegemaran Presiden RI Joko Widodo dan sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Jadi olahraga yang diemban Arsjad ini luar biasa,” kata Okto.

Baca Juga: Kata Petarung MMA Indonesia Eko Roni Soal Kelemahan Jeka Saragih dalam Pertarungan Bawah

Dia menjelaskan, tantangan Arsyad tidaklah mudah.

Lelaki yang menjabat sebaga Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) ini diharapkan mampu meneruskan tradisi partisipasi Indonesia di Olimpiade serta mengukir kembali capaian manis panahan sebagai penyumbang medali.

Sebagai informasi, panahan merupakan cabor pertama Indonesia yang meraih medali Olimpiade lewat penampilan tiga srikandi Nurfitriyana, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani di Seoul, 1988.

“Poin kualifikasi Olimpiade untuk panahan akan dimulai 28 Juli. Ini paling penting, Ketum Arsjad harus menyiapkan diri.