Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia Bakal Jadi Ajang Uji Coba Regulasi Baru VAR

By Sasongko Dwi Saputro - Sabtu, 18 Februari 2023 | 09:15 WIB
Logo Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

BOLASPORT.COM - Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia bakal jadi ajang uji coba penggunaan regulasi baru Video Assistant Referee (VAR).

Regulasi baru tentang VAR tersebut disahkan oleh International Football Association Board (IFAB) pada 18 Januari 2023 di Stadion Wembley, London.

Regulasi yang dimaksud adalah seluruh komunikasi wasit ketika berkonsultasi terkait keputusan-keputusan yang wajib diperiksa dengan VAR bakal dibuka untuk publik, baik di stadion maupun dalam siaran langsung televisi.

Regulasi baru tersebut diimplementasikan untuk peningkatan kualitas kepemimpinan wasit dan membantu pemahaman pertandingan kepada fans, pemain, serta perangkat pertandingan.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, FIFA bakal menguji coba regulasi tersebut dalam 12 bulan ke depan di turnamen resmi yang dinaunginya.

Baca Juga: Erick Thohir Tak Hadir di Laga Timnas U-20 Indonesia vs Fiji, Zainudin Amali: Kami Bagi Tugas

TWITTER.COM/ZYITEBLOG
Ilustrasi wasit meninjau ulang keputusan pertandingan melalui VAR (video assistant referee).

Turnamen pertama yang sudah mengimplementasikan regulasi tersebut adalah Piala Dunia Klub 2022.

Wasit asal Cina, Ma Ning, jadi orang pertama yang mengumumkan lewat speaker stadion setelah memeriksa layar VAR di tepi lapangan pada laga pembuka antara Al-Ahly vs Auckland City, 1 Februari 2023.

"Diputuskan dilakukan tendangan bebas. pemain Auckland nomor 3 (Adam Michell) menghalangi upaya mencetak gol," begitulah ucapan Ma Ning yang didengar seisi Stadion Grand Stade de Tanger, Maroko.