Children Safeguarding di Papua Football Academy, Anak-anak Harus Tetap Ceria Menggapai Mimpi

By Dwi Widijatmiko - Jumat, 24 Februari 2023 | 21:15 WIB
Nugroho Setiawan dari Komite Children Safeguarding di Papua Football Academy. (DWI WIDIJATMIKO/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Dalam membina anak-anak, Papua Football Academy dijalankan sesuai dengan implementasi prinsip Children Safeguarding dari FIFA.

Prinsip Children Safeguarding dipakai Papua Football Academy (PFA) untuk memastikan kenyamanan bermain sepak bola bagi pemain usia muda.

"PFA membuat program yang proaktif dalam memberikan bimbingan dan pengasuhan supaya anak terhindar dari bahaya," ujar Nugroho Setiawan dari Komite Children Safeguarding di Papua Football Academy kepada Bolasport.com.

"Prinsip ini diadopsi dari FIFA Guardian, juga hak anak dalam konvensi PBB."

"Kita harus menjaga keceriaan dan kegembiraan anak-anak dalam mencapai mimpi mereka," lanjut pria yang beberapa waktu lalu sempat juga menjadi anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan ini.

"Salah satu yang utama dalam metode pembinaan kami adalah menghindari pelecehan."

"Pelecehan bisa saja terjadi secara tidak sengaja lewat interaksi atau ketika pelatih membentak anak-anak ini dalam latihan."

Nugroho mengungkapkan bahwa pihaknya secara kontinu melakukan observasi dan pencegahan terhadap potensi pelecehan, perundungan, serta pengaruh lingkungan yang buruk terhadap anak-anak PFA.

"Bullying di antara mereka itu awalnya tinggi sekali seiring dengan kenakalan sebagai remaja," kata Nugroho.