Loh Kean Yew Senang dengan Proses yang Dia Mulai dari Bawah

By Delia Mustikasari - Kamis, 2 Maret 2023 | 18:20 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew yang dikalahkan Anthony Sinisuka Ginting pada Singapore Open 2022. (HUMAS PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, kini sudah masuk jajaran elite dunia.

Padahal, beberapa tahun lalu, dia masih mengikuti turnamen Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) World Tour level 100.

Pemain berusia 25 tahun itu bahkan pernah tumbang pada babak pertama kualifikasi German Open 2019.

Sekarang Loh akan memulai rangkaian turnamen Eropa dari German Open 2023 (7-12 Maret). Dia bersyukur dengan pancapaiannya hingga saat ini karena dia sudah menjadi pemain unggulan seiring dengan peringkatnya yang membaik.

Dia kini menduduki peringkat ke-8 dunia dan pernah meraih sejumlah prestasi bergengsi.

"Sebelum itu, saya bahkan tidak bisa bermain di turnamen Super 500 ke atas. Tahun lalu secara teknis adalah tahun pertama saya bermain di turnamen tingkat atas," kata Loh dilansir BolaSport.com dari laman resmi BWF.

Baca Juga: Protes ke MotoGP, Bos Aprilia Tak Senang Ducati Main Keroyokan

"Saya sudah cukup sering mencapai perempat final, semifinal, dan final. Jadi tidak apa-apa, mengingat ini adalah tahun pertama saya dengan kalender dan intensitas seperti ini," ucap Loh.

Loh sangat senang dengan cara dia mengatur ekspektasi tahun lalu karena dia memasuki tahun 2022 sebagai juara dunia.

Dia menjadi Juara Dunia 2021 setelah mengalahkan Kidambi Srikanth (India) pada babak final saat Kejuaraan Dunia digelar di Huelva, Spanyol.

"Tekanan adalah bagian tak terpisahkan dari olahraga. Itu tekanan yang harus kami tangani saat memenangkan gelar utama. Saya senang bahwa saya menjadi lebih baik dalam mengelolanya. Itu tidak mudah, tetapi saya belajar sesuatu selama ini," tutur Loh.

Poin tertinggi Loh dalam kariernya berdasarkan peringkat adalah mencapai ranking ke-3 pada November 2022. Dalam sebuah unggahan di sosial media, dia menceritakan betapa hal yang dia capai itu rasanya tidak nyata.

"Rasanya sangat tidak nyata, saya merasa sulit untuk percaya dan saya sangat bersyukur telah berada dalam perjalanan ajaib ini. Saya berkompetisi pada Olimpiade Tokyo dengan peringkat ke-39 dunia."

"Saat saya mengikuti sirkuit Eropa 2021 berada di peringkat ke-40 di Dutch Open, dan pada Kejuaraan Dunia 2021, saya menyelesaikan tahun di peringkat ke-15 dan gelar juara dunia," ucap Loh.