Ratu Tisha Ungkap Solusi TC Timnas Indonesia Tak Bentrok dengan Jadwal Liga 1

By Reno Kusdaroji - Sabtu, 4 Maret 2023 | 21:45 WIB
Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha (tengah kanan) dalam konferensi pers Sarasehan Sepak Bola Indonesia di hotel Sheraton, Surabaya, Sabtu (4/3/2023).

BOLASPORT.COM - Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha menjelaskan solusi untuk membuat jadwal pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia tak bentrok dengan jadwal Liga 1.

Hal itu dijelaskan Ratu Tisha setelah mengumumkan hasil Sarasehan Sepak Bola Indonesia di Hotel Sheraton, Surabaya, pada Sabtu (4/3/2023).

Seperti diketahui, pemusatan latihan timnas Indonesia kerap kali menimbulkan masalah bagi sejumlah pelatih Liga 1 Indonesia.

Sebab, klub-klub peserta Liga 1 diminta melepas pemainnya untuk mengikuti pemusatan latihan saat kompetisi masih berjalan.

Misalnya seperti TC panjang pada bulan Februari lalu, hal itu menimbulkan masalah antara pelatih timnas, Shin Tae-yong dan pelatih klub seperti Thomas Doll (persija)

Adapun permasalahan ini juga dibahas dalam Sarasehan Sepak Bola Indonesia yang diikuti oleh perwakilan tim-tim Liga 1 dan Liga 2.

Hasilnya, PSSI memutuskan bahwa TC timnas Indonesia tidak akan lagi mengganggu jalannya jadwal kompetisi.

Hal itu akan dilakukan dengan cara membuat skala prioritas yang berpedoman pada kalender FIFA.

Seperti diketahui, Indonesia yang berada di zona ASEAN (Asia Tenggara) juga ikut dalam turnamen non-FIFA seperti Piala AFF dan SEA Games.

Baca Juga: Gagal Lawan Persib Bandung, Persija Jakarta Alihkan Fokus ke Borneo FC