Klub Liga 1 Jangan Coba Ulur Waktu, IFAB Sudah Adopsi Aturan Tambahan Waktu di Piala Dunia 2022

By Sasongko Dwi Saputro - Senin, 6 Maret 2023 | 16:35 WIB
Privat Mbarga mengulur waktu dalam laga Persebaya Surabaya vs Bali United (2/9/2022). (BolaNas.com)

BOLASPORT.COM - Wasit telah diminta oleh IFAB untuk mengadopsi sistem yang sudah diimplementasikan sejak Piala Dunia 2022 di Qatar untuk memberikan lebih banyak tambahan waktu.

Sebelumnya wasit pada Piala Dunia 2022 di Qatar telah memberikan tambahan waktu hingga 24 menit pada laga Inggris vs Iran.

Peraturan tersebut diadopsi untuk mencegah setiap aksi para pemain untuk mencoba mengulur-ulur waktu, termasuk di ajang Liga 1 Indonesia.

IFAB selaku badan yang membentuk dan mengubah peraturan pertandingan sepak bola menyampaikan hal tersebut dalam Kongres Tahunan di London, Sabtu (4/3/2023).

Sebagai informasi, IFAB berhak untuk memperkenalkan aturan baru pada pertemuan tahunan yang dihadiri oleh FA Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, Wales sebagai empat negara home-nation dan FIFA.

Baca Juga: Curhat Stefano Lilipaly Soal Wacana Pembatasan Pemain Naturalisasi di Liga 1

Dalam hal ini, IFAB tidak mengubah aturan secara spesifik dalam Law Of The Game (LOTG), tetapi ia mendorong para pengadil di lapangan untuk menerapkannya dalam cara yang berbeda.

Presiden FIFA yang hadir dalam pertemuan tahunan tersebut mengatakan bahwa ini bakal dicapai dengan cara yang menunjukkan kepada para pengadil lapangan bahwa tindakan tersebut benar untuk dilakukan.

"Dengan berbicara dengan mereka, dengan menunjukkan mereka analisis kita, dengan jelas kita melihat keuntungan dari kebijakan ini," ujar Gianni Infantino dilansir BolaSport.com dari Daily Mail.

Presiden FIFA tersebut mengaku ingin melawan setiap aksi mengulur waktu yang dilakukan para pemain di lapangan.