Malaysia Masih 0 Emas di Olimpiade, Lee Chong Wei Turun Gunung Bantu Lee Zii Jia dkk

By Wawan Saputra - Senin, 13 Maret 2023 | 13:30 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, saat sedang bertanding di Istora Senayan, Jakarta, 8 Juni 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Legenda bulu tangkis dari Malaysia, Lee Chong Wei, terlibat dalam program peningkatan prestasi negaranya jelang Olimpiade Paris 2024. Sang suksesor, Lee Zii Jia, turut menjadi fokusnya.

Pemerintah Malaysia mulai serius untuk mempersiapkan para atlet mereka menjelang pesta olahraga terbesar di dunia berikutnya.

Nereka membentuk sebuah komite yang diberi nama Road to Gold (RTG) untuk membantu atlet Negeri Jiran meraih medali di Olimpiade.

Sekadar informasi, Malaysia belum pernah mendapatkan medali emas pada Olimpiade sejak keikutsertaan perdana pada 1956.

Ketika Indonesia sudah mendulang delapan medali emas dari cabor andalan bulu tangkis, Malaysia belum berhasil pada cabang olahraga yang juga menjadi andalan mereka ini.

Lee Chong Wei turut menjadi pelaku sejarah karena mampu menembus final Olimpiade sebanyak tiga kali (2008, 2012, 2016) tetapi selalu kalah.

Mantan pemain nomor satu ini siap menggunakan pengalamannya untuk membantu atlet-atlet Negeri Jiran meraih prestasi yang lebih baik.

Ketika berbicara bulu tangkis, Malaysia punya modal bagus pada Olimpiade Paris 2024.

Mereka punya amunisi kuat di tiga sektor yaitu tunggal putra dengan Lee Zii Jia, ganda putra dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan ganda putri dengan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Baca Juga: All England Open 2023 - Ini Siasat Fikri dan Pitha Hadapi Kelelahan