3 Klub Italia Sintas di Liga Champions, Juventus dan AS Roma Wujudkan Magnificent 7?

By Beri Bagja - Kamis, 16 Maret 2023 | 21:40 WIB
Setelah Napoli, AC Milan, dan Inter Milan lolos perempat final Liga Champions 2022-2023, Juventus, AS Roma, Fiorentina, dan Lazio bisa menyusul. (TWITTER.COM/LIVESCORE)

BOLASPORT.COM - Setelah trio Napoli, AC Milan, dan Inter Milan lolos perempat final Liga Champions, masih ada 4 klub Serie A yang bersiap mengikuti jejak mereka di level lebih rendah.

Fase perempat final Liga Champions riuh dengan kehadiran tiga wakil Liga Italia.

Kelolosan Napoli, AC Milan, dan Inter Milan menjadikan Serie A liga penyumbang klub terbanyak di tahap tersebut.

Pada strata kejuaraan di bawahnya, Juventus dan AS Roma juga berpeluang menyusul maju ke perempat final Liga Europa.

Satu tingkat ke bawah lagi ada Fiorentina dan Lazio yang membidik tiket ke tahap serupa di UEFA Conference League.

Empat klub yang disebut terakhir akan menentukan nasib masing-masing dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar, Kamis (16/3/2023) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Baca Juga: Napoli Musim Ini Sudah Lampaui Era Diego Maradona di Liga Champions 

Kalau semuanya berhasil mewujudkan target, berarti klub-klub Serie A itu akan membentuk komposisi Il Sette Magnifico atau The Magnificent Seven (7 klub terhebat) yang sintas di perempat final kompetisi antarklub Eropa musim ini.

Hal tersebut bakal menjadi prestasi langka bagi Liga Italia, yang kerap dicap kalah pamor dari Liga Inggris hingga Liga Spanyol belasan tahun terakhir.

Kalau cuma menghitung partisipan Liga Champions, musim ini adalah kali pertama dalam 17 tahun ada 3 klub Serie A yang sintas di perempat final.