Tanpa Naturalisasi, PBVSI Bidik Debut Olimpiade dan Liga Bola Voli Dunia

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 22 Maret 2023 | 08:00 WIB
Tim bola voli putra Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam. (ISTIMEWA)

BOLASPORT.COM - Penampilan perdana pada Olimpiade serta Volleyball Nations League (VNL) atau Liga Voli Dunia menjadi salah satu target Indonesia pada dunia bola voli.

Rencana itu diungkapkan Imam Sudjarwo, Ketua Umum PP PBVSI terpilih untuk periode 2023-2027 dalam Musyawarah Nasional di Artotel Suites Bianti, Yogyakarta, Selasa (31/3/2023).

Imam, yang terpilih sebagai Ketum PP PBVSI untuk ketiga kalinya, pun menegaskan bahwa pihaknya akan fokus membina talenta-talenta lokal dalam mencapainya.

Saat federasi olahraga Indonesia lainnya seperti PSSI (sepak bola) atau Perbasi (bola basket) melakukan naturalisasi, PBVSI tidak ingin menggunakan langkah serupa.

"Kita bangga dengan anak bangsa sendiri. Kita masih punya banyak potensi luar biasa yang belum kita gali," ujar Imam kepada BolaSport.com dan awak media lainnya.

"Tidak usah jauh-jauh, Thailand itu cinta negaranya sendiri, walaupun pemain putrinya pendek-pendek tapi mereka bis masuk 15 besar dunia dan masuk VNL."

"Kita yakin bisa tanpa perlu pemain naturalisasi."

Volleyball Nations League merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi di jagat bola voli.

Menggantikan World League (putra) dan World Grand Prix (putri) pada 2018, Volleyball Nations League mengadu 16 negara terbaik untuk sebuah titel bergengsi.

Baca Juga: RESMI - 14 Pevoli Putra Indonesia Dipanggil Pelatnas SEA Games 2023, 2 Andalan Absen