Mantan Ganda Putra Malaysia Yakini Kembalinya Lee Zii Jia ke BAM Bakal Beri Banyak Manfaat

By Wawan Saputra - Rabu, 22 Maret 2023 | 10:45 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, saat sedang bertanding di Istora Senayan, Jakarta, 8 Juni 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Mantan pebulu tangkis ganda putra Malaysia, Tan Boon Heong, yakin jika Lee Zii Jia kembali berlatih di bawah Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) akan memberikan banyak manfaat untuk sektor itu.

Saat ini, Lee memang memilih berkarir sebagai pemain profesional setelah memutuskan untuk keluar dari BAM pada awal tahun 2022 silam.

Namun, pemerintah Malaysia baru-baru ini meluncurkan program Road to Gold (RTG) yang bertujuan untuk mempersiapkan atlet meraih medali emas pertama pada Olimpiade.

Salah satu yang bakal ambil bagian dalam program tersebut adalah para atlet bulu tangkis yang memiliki peluang besar untuk meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Komite RTG sendiri mencatat ada lima pebulu tangkis profesional yang dianggap potensial untuk meraih medali emas di Olimpiade.

Salah satunya adalah tunggal putra terbaik Malaysia, siapa lagi kalau bukan Lee Zii Jia.

Untuk memfasilitasi dan mendukung program pemerintah Malaysia, BAM sendiri sudah membuka pintu untuk para pemain profesional berlatih di Akademi Badminton Malaysia (ABM).

Namun, kebijakan tersebut masih terbatas pada sesi sparing satu minggu sekali antara pemain profesional dan pemain yang berada dibawah binaan BAM.

Bagi Tan jika pemain profesional ditargetkan untuk meraih medali emas di Olimpiade, tidak ada jalan lain selain latihan secara penuh di ABM.

Baca Juga: Swiss Open 2023 - Fikri/Bagas Persembahkan Kemenangan untuk Syabda