Ducati Minta Honda Selidiki Masalah Motor Jika Membahayakan MotoGP

By Wahid Fahrur Annas - Senin, 27 Maret 2023 | 14:26 WIB
Dari depan, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Marc Marquez (Repsol Honda) sedang beradu kecepatan pada Sprint MotoGP Portugal 2023 (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Manajer Tim Ducati Lenovo, Davide Tardozzi, meminta penyelidikan terhadap kemungkinan masalah teknis dengan motor Honda menyusul kecelakaan yang terjadi pada MotoGP Portugal 2023.

Dua pembalap Honda terlibat kecelakaan sepanjang seri pertama MotoGP Portugal yang digelar pada akhir pekan lalu, 24-26 Maret 2023, di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Kecelakaan pertama melibatkan Joan Mir saat lomba sprint di mana dia terjatuh ketika sedang berusaha menyalip Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Insiden berikutnya terjadi pada lomba grand prix atau balapan utama.

Marc Marquez gagal menghentikan motornya sehingga menyebabkan kecelakaan yang turut menyeret Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing).

Baik Marquez dan Mir menerima hukuman berupa penalti lap panjang alias long lap penalty dari FIM MotoGP Steward karenanya.

Diakui Marquez bahwa pembalap Honda harus mengambil risiko dalam pengereman untuk menutupi kelemahan dalam drive grip.

"Kami mengerem dengan sangat terlambat. Jika tidak, kami hanya akan finis di posisi ke-10, ke-11, dan ke-12," ujar Marquez, dilansir dari Crash.net.

Secara kebetulan, kecelakaan yang melibatkan Mir dan Marquez tersebut terjadi pada lap-lap awal ketika temperatur ban belum optimal.

Baca Juga: Quartararo Kritik Steward MotoGP, Jangan Pandang Bulu Menjatuhi Hukuman