Daftar Kecelakaan Kontroversi Marc Marquez, Ada yang Libatkan Valentino Rossi

By Delia Mustikasari - Selasa, 28 Maret 2023 | 09:15 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpose setelah finis kedua pada sprint race MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Sabtu (25/6/2023). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan absen pada seri balap MotoGP Argentina 2023 yang dijadwalkan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, 31 Maret-2 April.

Penyebabnya, pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu menjalani pemulihan dari operasi perbaikan patah tulang metacarpal pertama di tangan kanannya.

Setelah kembali ke Spanyol untuk pemeriksaan lebih lanjut, Marquez didiagnosis mengalami dislokasi tulang intraartikular di pangkal metacarpal pertama dari ibu jari tangan kanan.

Pembalap bernomor 93 ini lalu menjalani operasi di Ruber International Hospital di Madrid.

Operasi akan dipimpin Dr. Ignacio Roger de Ona bersama dua anggota tim dokter lainnya terdiri dari Dr. Samuel Antuna dan Dr. Andrea Garcia Villanueva.

Menurut keterangan Honda Racing Corporation (HRC), operasi pembedahan terdiri reduksi tertutup pada fraktur dan fiksasi internal pada titik yang sama dengan dua sekrup yang dipasangkan tanpa ada gangguan.

Marquez mengalami cedera setelah mengalami kecelakaan pada balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Algarve, Minggu (26/3/2023).

Awalnya, pembalap berusia 30 tahun itu tampil agresif dan mengalami kontak dengan dua pembalap lain saat lap pertama.

Marquez yang memegang pole position mengalami insiden pada lap ketiga ketika dia turun ke posisi keempat hingga menyebabkan insiden dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) dan Jorge Martin (Prima Pramac).

Marquez sebenarnya ingin bertahan dalam persaingan untuk podium masuk ke sisi dalam tikungan karena ban depan terkunci.