BREAKING NEWS - Hukuman Marc Marquez Tidak Hilang meski Lewatkan MotoGP Argentina

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 28 Maret 2023 | 16:14 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, meminta maaf kepada penonton setelah kecelakaan yang dialaminya bersama Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) dan Jorge Martin (Prima Pramac) saat balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, 26 Maret 2023. (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - FIM MotoGP Steward akhirnya memberikan pemberitahuan lanjutan mengenai hukuman yang diterima Marc Marquez menyusul insiden yang disebabkannya pada balapan MotoGP Portugal.

Awalnya Steward menyebut bahwa Marquez mendapatkan penalti lap panjang ganda (double long lap penalty) untuk balapan berikutnya yaitu MotoGP Argentina.

Steward MotoGP memang selalu menyebutkan secara khusus pada balapan mana pembalap harus menjalani hukumannya, dan biasanya adalah balapan setelah kesalahan dilakukan.

Akan tetapi, penyebutan MotoGP Argentina secara khusus dalam kasus Marquez menimbulkan kontroversi.

Pasalnya, sehari setelah keputusan dijatuhkan pada Minggu (26/3/2023), Marquez dipastikan tidak akan tampil pada seri MotoGP Argentina.

Operasi cedera patah tulang metacarpal pada jari tangan kanannya membuat Juara Dunia 8 Kali tersebut menepi dari lintasan.

Spekulasi lantas berkembang bahwa Marquez terbebas dari sanksi karenanya.

Tak ingin kontroversi berkembang lebih jauh, pemberitahuan lanjutan akhirnya dikeluarkan oleh panel yang dipimpin legenda balap, Freddie Spencer, ini.

"Klarifikasi penerapan penalti dari panel Stewards," demikian bunyi kalimat pertama dari kicauan yang dibagikan akun Twitter MotoGP.

Baca Juga: MotoGP Portugal 2023 - Kelemahan Honda yang Bikin Marc Marquez Tampil seperti Orang Gila