Presiden Jokowi soal Israel di Piala Dunia U-20 2023, Tidak Ada Kaitannya dengan Posisi Politik Indonesia

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 28 Maret 2023 | 19:50 WIB
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat memberikan pernyataan tentang Israel dan Piala Dunia U-20 2023, Selasa (28/3/2023). (YOUTUBE SEKRETARIAT PRESIDEN)

BOLASPORT.COM - Dalam pernyataannya, Presiden Joko Widodo menjamin keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 tidak ada kaitannya dengan posisi politik Indonesia terhadap negara tersebut.

Presiden Jokowi memberikan pernyataan soal Israel dan Piala Dunia U-20 2023 pada Selasa (28/3/2023).

Pernyataan dikeluarkan Presiden setelah muncul gelombang penolakan kehadiran Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Mereka yang tidak menerima Israel menyatakan bahwa Indonesia harus berpegang pada konstitusi nasional yang menolak segala bentuk penjajahan.

Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel karena konflik mereka dengan Palestina.

Jokowi dalam pernyataannya menegaskan bahwa olahraga tidak bisa dicampuradukkan dengan politik.

Presiden pun menjamin keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 tidak ada hubungannya dengan sikap politik Indonesia terhadap konflik Israel-Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina," kata Presiden Jokowi.

"Dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat."

"Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya."