Skuad Juara PSM Makassar di Era Liga Indonesia: Dulu Mini Timnas Indonesia, Sekarang Didominasi Anak Muda

By Sasongko Dwi Saputro - Sabtu, 1 April 2023 | 12:30 WIB
PSM Makassar dinobatkan sebagai juara Liga 1 2022-2023 setelah mengalahkan Madura United pada pekan ke-32 Jumat (31/3/2023). (twitter.com/PSM_Makassar)

BOLASPORT.COM - Skuat PSM Makassar saat jadi juara Liga Indonesia punya dua skuat yang punya cerita berbeda.

Pasalnya, saat PSM Makassar juara pada musim 1999-2000, bisa dibilang skuat Juku Eja diisi oleh para pemain terbaik Indonesia atau Dream Team di masa itu.

Sentuhan tangan dingin pengurus PSM Makassar waktu itu Nurdin Halid berhasil meyakinkan para pemain timnas Indonesia itu untuk datang memperkuat tim kebanggan Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

Dalam daftar skuat tersebut ada nama Hendro Kartiko yang berada di puncak performa masa itu sebagai kiper utama timnas Indonesia.

Di posisi belakang, ada tiga nama pemain timnas Indonesia yaitu Ortisan Salossa, Aji Santoso, dan Yeyen Tumena dalam skuat tersebut plus sosok legenda abadi Kota Makassar yaitu Syamsuddin Batola.

Di lini tengah, nama Bima Sakti dan Carlos de Mello jadi otak serangan PSM Makassar.

Sedangkan di lini depan PSM mengandalkan sosok Kurniawan Dwi Yulianto, Miro Baldo Bento, Rachman Usman, dan Cristiano Tavares.

Pada musim tersebut, PSM Makassar berhasil merekrut sosok Henk Wullems sebagai Direktur Teknik.

Prestasi pria asal Belanda itu cukup mentereng karena pernah membawa Bandung Raya jadi juara Liga Indonesia edisi kedua pada 1995-1996.

PSM Makassar berhasil tampil meyakinkan dengan jadi juara grup di fase pertama dan babak 8 besar.