Ada Perjudian Rexy Mainaky dan Sentuhan Nova Widianto di Balik Sensasi Ganda Campuran Malaysia

By Wahid Fahrur Annas - Selasa, 11 April 2023 | 11:15 WIB
Pelatih bulutangkis ganda putra Malaysia, Rexy Mainaky, saat ditemui awak media di Istora Senayan, Jakarta, 17 Juni 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ada peran dua pelatih asal Indonesia di balik kesuksesan terkini pasangan ganda campuran Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, di Orleans Masters 2023.

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei sebagai wakil pertama Malaysia yang meraih gelar juara pada turnamen bulu tangkis BWF World Tour tahun ini.

Pasangan yang baru dibentuk pada Desember 2022 itu langsung meraih titel World Tour hanya dalam penampilan keenam mereka di kelas tertinggi turnamen sirkuit BWF ini.

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei menjadi pasangan Malaysia pertama yang menjadi juara event World Tour sejak Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di Korea Open pada April 2022.

Adapun jika hanya mengerucut ke ganda campuran dari tim nasional Malaysia, mereka memutus paceklik sejak titel Singapore Open 2018 dari Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie.

Ganda campuran Malaysia berada di situasi tidak biasa ketika pasangan independen malah lebih sukses daripada pasangan tim nasional.

Goh/Lai dan Tan/Lai memimpin persaingan jelang kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Padahal, setiap negara hanya bisa mengirim dua wakil di setiap sektor.

Perjudian lantas dilakukan Rexy Mainaky selaku direktur kepelatihan ganda Malaysia dengan melakukan perombakan.

Satu keputusan kontroversial Rexy adalah memisahkan Toh Ee Wei dengan pasangan sebelumnya yaitu Hoo Pang Ron.

Baca Juga: Minus Juara Bertahan, Ada 18 Wakil Indonesia pada Kejuaraan Asia 2023