SEA Games 2023 - Nasib Lawan Indonesia di Final Voli 2019 Masih Digantung

By Wahid Fahrur Annas - Selasa, 11 April 2023 | 12:00 WIB
Timnas voli putra Filipina berpose sebelum keberangkatan ke Jepang dalam program pemusatan latihan jelang SEA Games 2023 (TWITTER.COM/VOLLEYBAL_PHI)

BOLASPORT.COM - Kepastian partisipasi tim nasional bola voli putra Filipina pada SEA Games 2023 masih belum menemui titik terang.

Hal itu lantaran Komite Olimpiade Nasional (NOC) dari negara-negara yang berpartisipasi belum memberikan persetujuan.

Timnas voli putra Filipina secara tidak sengaja luput dari batas waktu pendaftaran kontestan pada bulan Februari.

Oleh karena itu, lawan Indonesia di final voli indoor putra SEA Games 2019 itu tak muncul dalam undian yang telah dilakukan pada 5 April lalu.

Komite penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) telah mendukung penuh tim bola voli putra Filipina untuk berpartisipasi.

"CAMSOC dan Kerajaan Kamboja, sebagai tuan rumah SEA Games ke-32, menegaskan komitmen kami akan nilai solidaritas, persahabatan, kerja sama, dan perdamaian," bunyi pernyataan itu.

Akan tetapi, seperti dilansir dari Khmer Times, persetujuan dari tuan rumah belum cukup untuk meloloskan tim voli putra Filipina.

Pasalnya, sesuai pernyataan dari CAMSOC, Filipina memerlukan persetujuan dari lima negara kontestan di nomor ini.

Sekretaris Jenderal Federasi Bola Voli Kamboja (VFC), Aing Serey Piseth, mengatakan CAMSOC dan VFC belum menerima informasi dari Komite Olimpiade Nasional (NOC) negara lain.

Baca Juga: Tatap SEA Games 2023, Wilda Luput Soal Undangan Uji Coba di Liga Korea Selatan