Lorenzo: Marc Marquez Pantas Dihukum Berat, tapi dengan Cara Lain

By Nestri Y - Selasa, 11 April 2023 | 19:30 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tak bisa tampil pada MotoGP Argentina 2023 usai insiden pada GP Portugal (26/3/2023) (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Jorge Lorenzo setuju Marc Marquez pantas dihukum berat, tetapi tidak dengan cara melanggar regulasi MotoGP itu sendiri. Ada cara lain yang seharusnya bisa dirundingkan.

Lorenzo masih yakin Honda akan memenangkan banding soal hukuman Marquez yang harus dijalankan pada seri MotoGP Americas 2023 (14-16 April) mendatang.

Bukan bermaksud membela Si Alien, tetapi keyakinan juara dunia tiga kali itu didasarkan pada regulasi atau aturan dari MotoGP itu sendiri.

Dalam peraturan memang tertulis bahwa hukuman double long lap penalty wajib dijalankan pada balapan berikutnya alias next race.

The Race pun sempat mengonfirmasi hal tersebut kepada pihak MotoGP dan Marquez pun saat itu dikabarkan bisa lolos dari hukuman karena absen di seri selanjutnya yaitu Argentina.

Namun tekanan dari publik dan mungkin dalam paddock MotoGP sendiri tampaknya membuat Steward MotoGP berubah pikiran.

Selang beberapa hari kemudian, Steward MotoGP mengumumkan bahwa hukuman Marquez tetap berlaku saat ia comeback balapan, yang masih belum diketahui kapan tanggalnya.

Hal itulah yang membuat Honda akhirnya mengajukan banding karena merasa tidak adil.

"Tidak mungkin penalti tiba-tiba berubah dari satu hari ke hari berikutnya. Apa yang sudah tertulis ya sudah tertulis tidak bisa diubah (dalam regulasi saat ini)," ungkap Lorenzo dikutip BolaSport.com dari Moto.it.

Baca Juga: Satu Faktor Kunci Penampilan Gila Murid Valentino Rossi Diungkap Kepala Kru