Cerita Rivan Nurmulki Ikuti Liga Jepang, Kesulitan Bahasa hingga Hadapi Budaya Disiplin Tinggi

By Delia Mustikasari - Rabu, 19 April 2023 | 09:00 WIB
Atlet Timnas Voli Putra Indonesia, Rivan Nurmulki, yang ditemui usai latihan persiapan menuju Sea Games Kamboja 2023, di kawasan Sentul, Jawa Barat, Kamis (13/04/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Pebola voli putra Indonesia, Rivan Nurmulki, saat ini tengah mempersiapkan diri mengikuti SEA Games 2023 Kamboja, 5-17 Mei.

Sebagai salah satu pemain terbaik Indonesia, pemain di posisi opposite ini mendapat kesempatan mengikuti Liga bola voli di Jepang selama dua musim yakni 2020-2022. Dia membela tim VC Nagano sebelum tampil pada Proliga 2023

Pengalamannya mengikuti Liga di Negeri Sakura menjadi bekal untuk meningkatkan kemampuan dan bersaing dengan pemain tingkat dunia.

Apalagi, rencananya setelah SEA Games, tim bola voli putra juga akan turun pada Asian Games 2022 yang pelaksanaannya diundur tahun ini ke 23 September-8 Oktober di Hangzhou, China.

"Dulu saya waktu ikut Liga Jepang tidak ada seleksi. Pihak klub melihat video saya saat bermain di Proliga saja karena banyak video di Youtube," kata Rivan kepada BolaSport.com di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Seperti Doni (Haryono) juga diajak ikut Liga Jepang setelah melihat video pertandingannya," 

"Setahu saya, Liga Jepang nomor satu di Asia dibandingkan yang lain karena pemain dunia banyak disana. Liganya juga panjang (enam bulan) ada 10 tim, tetapi putra dan putri dipisah liganya. Kalau di Proliga, putra dan putri jadwal bertandingnya sama," tutur Rivan.

"Disana, sistemnya home-away jadi pindah-pindah. Kalau di Indonesia, tidak ada home-away, hanya tiga bulan. Di Jepang liga berlangsung selama 6-7 bulan sehingga Liga Jepang lebih kompetitif," ucap pemain berusia 27 tahun itu.

Rivan menjelaskan bahwa selama dia bermain di Liga Jepang, lawan yang dia hadapi tidak mudah karena semua tim peserta memiliki kualitas yang bagus.

"Cuaca pasti berbeda karena disana ada musim dingin, makanan disana lebih sehat dan fresh. Yang disana agak sulit menyesuaikan disiplinnya. Misalnya, waktu latihan jam 09.00 pagi disana jam 08.30 pemain lain sudah pada siap," aku Rivan.