Kejuaraan Asia 2023 - Jonatan Sempat Muntah-muntah Sebelum Putuskan Mundur

By Delia Mustikasari - Rabu, 26 April 2023 | 13:00 WIB
Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie, usai memenangkan partai final Indonesia Masters 2023 melawan Chico Aura Dwi Wardoyo di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/1/2023). (TOMMY NICOLAS/BOLASPORTCOM)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, terpaksa mundur sebelum bertanding pada babak pertama Kejuaraan Asia 2023.

Tunggal putra peringkat ketiga dunia itu mundur karena kondisinya tidak fit.

Sebenarnya, Jonatan dijadwalkan menjumpai Shi Yu Qi (China) pada babak pertama yang dijadwalkan di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/4/2023).

"Jadi kemarin siang kami sempat latihan di practice court. Jonatan pun mengikuti program latihan dengan baik," kata pelatih kepala tunggal putra Indonesia, Irwansyah, dalam keterangannya via PBSI.

"Tetapi, sorenya Jonatan tiba-tiba muntah-muntah di kamarnya. Kami lalu konsultasi dengan dokter PBSI dan akhirnya dibawa ke rumah sakit," ucap Irwansyah.

"Di rumah sakit, Jojo diambil darah dan diinfus. Hasil pemeriksaan darah terdapat infeksi di dalam darahnya. Pagi ini, kondisinya sudah membaik, tetapi masih lemas jadi kami putuskan untuk mundur," tutur Irwansyah.

Jonatan menjadi  unggulan pertama pada Kejuaraan Asia 2023. Jonatan punya keunggulan 6-4 dalam 10 pertemuan dengan Shi.

Keputusan ini membuat Shi melaju ke babak kedua tanpa harus bertanding. Dia akan menghadapi pemenang antara Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) dan Ng Tze Yong (Malaysia).

Jonatan sebelumnya merupakan runner-up pada Kejuaraan Asia 2022 setelah kalah dari Lee Zii Jia (Malaysia).

Dengan mundurnya Jonatan, Indonesia berharap gelar dari Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo.