Kejuaraan Asia 2023 - Dejan/Gloria Perbaiki Aspek Non-Teknis untuk Hadapi Wakil China pada Semifinal

By Delia Mustikasari - Jumat, 28 April 2023 | 21:00 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, pada babak perempat final Kejuaraan Asia 2023 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Uni Emirat Arab, Jumat (28/4/2023). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi wakil Indonesia pertama yang memastikan tempat ke babak semifinal Kejuaraan Asia 2023.

Bertanding di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Uni Emirat Arab, Jumat (28/4/2023), Dejan/Gloria menaklukkan Rohan Kapoor/Reddy Sikky (India) dalam pertandingan perempat final.

Juara Vietnam Open 2022 ini mencetak kemenangan rubber game atas Kapoor/Reddy dengan skor 21-18, 19-21, 21-15 dalam laga selama 1 jam 5 menit ini.

"Hari ini alhamdulillah dulu kami bisa memenangkan pertandingan. Tetapi kalau secara performa, saya merasa kurang puas karena permainan saya tidak keluar sama sekali," kata Dejan dilansir BolaSport.com dari PBSI.

"Di luar ekspektasi dan strategi yang disiapkan. Saya merasa tegang, tidak bisa mengontrol diri, beruntung pelatih dan partner saya bisa menenangkan saya, membuat saya kembali fokus ke diri sendiri," aku Dejan.

Pada laga kali ini, Dejan mengakui bahwa dia tidak terbawa pengaruh pertandingan sebelumnya melawan Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand) pada babak kedua.

"Itu sudah lewat, tetapi memang pada babak ini saya tegang setelah babak pertama main bagus dan kemarin main ramai. Ini jadi pelajaran buat saya untuk besok menyiapkan hal-hal non-teknis juga," tutur Dejan.

Secara peringkat, Dejan/Gloria lebih diunggulkan daripada Kappor/Reddy meski sama-sama kombinasi baru dengan komposisi pemain junior-senior.

Dejan/Gloria menduduki peringkat ke-19 dunia dengan raihan 1 gelar turnamen BWF Tour Super 100 dan 3 gelar turnamen International Challenge/Series sejak debut pada Maret 2022.

Sementara itu, Kappor/Reddy yang ditandemkan enam bulan berselang masih di peringkat ke-48 dunia dan baru meraih 1 gelar turnamen International Challenge/Series.