Saat Sang Pengadil di MotoGP Malah Jadi Musuh Bersama

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 1 Mei 2023 | 12:00 WIB
Pembalap beradu akselerasi saat start balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, 30 April 2023. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Kredibilitas Steward sebagai penegak hukum di MotoGP kian dipertaruhkan ketika keputusan mereka malah lebih sering menuai perdebatan.

Steward MotoGP, atau secara resmi bernama FIM MotoGP Steward, menjadi salah satu sorotan utama pada seri balap MotoGP Spanyol untuk alasan yang tidak diharapkan.

Panel yang dipimpin legenda balap, Freddie Spencer, ini malah menjadi bahan gunjingan karena sejumlah penalti yang dianggap tidak semestinya terjadi.

Setidaknya ada tiga pembalap yang merasa dirugikan pada akhir pekan lalu.

Mereka adalah Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha serta Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo.

Morbidelli dan Quartararo dihukum dengan penalti lap panjang karena menyebabkan insiden besar setelah start, masing-masing saat sprint dan balapan utama.

Sedangkan Bagnaia diminta membiarkan Jack Miller (Red Bull KTM) lewat karena senggolan yang terjadi saat dia mencoba menyalip rivalnya itu untuk posisi kedua.

Akan tetapi, masalah muncul ketika sebagian pihak menilai ketiganya sebagai racing incident atau insiden yang tidak terhindarkan karena balapan.

Morbidelli misalnya, sejumlah pihak menilai Juara Dunia satu kali ini hanya memanfaatkan celah yang ditinggalkan Marquez.

Baca Juga: Hasil MotoGP Spanyol 2023 - Diwarnai Sedekah Posisi, Francesco Bagnaia Bikin Duo KTM Merana