Target Presiden Jokowi di SEA Games 2023 Lebih Tinggi, Menpora Harap Dijadikan Motivasi

By Abdul Rohman - Selasa, 2 Mei 2023 | 12:00 WIB
Suasana pelepasan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (2/5/2023) pagi. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Presiden RI, Joko Widodo, memasang target yang lebih tinggi daripada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, pada SEA Games 2023 Kamboja.

Joko Widodo mendorong agar kontingen Indonesia bisa melebihi pencapaian di SEA Games 2021 Vietnam.

Dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara tahun lalu, Indonesia mengakhiri posisi di urutan ketiga dengan mengumpulkan 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Baca Juga: Arsenal dan Chelsea Dipisah Jurang 36 Angka, Mikel Arteta: Mereka Punya Pelatih Hebat

Target ini diungkapkan Jokowi dalam seremoni pelepasan kontingen Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023)

"Hari ini saya akan melepas kontingen SEA Games ke-32 ke Kamboja yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet, dan akan mengikuti 31 cabor," ucap Jokowi.

"Saya hanya pesan di Sea Games Vietnam kita memperoleh 69 medali emas dan peringkat ke-3."

"Nah sekarang mestinya lebih dari itu, saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3, pilihannya (peringkat) 1 atau 2," tutur Jokowi.

Adapun target dari Menpora Dito Ariotedjo adalah 60 medali emas dengan perkiraan peringkat tiga pada klasemen medali.

Pria berusia 32 tahun itu pun mengharapkan agar ekspektasi lebih dari Presiden mampu dijadikan tambahan motivasi bagi atlet-atlet Tanah Air.