Tingkatkan Kualitas Perenang Indonesia, PRSI Yogyakarta Gelar Pelatihan dari Amerika Serikat

By Wahid Fahrur Annas - Selasa, 2 Mei 2023 | 22:15 WIB
Pengda PRSI Yogyakarta Gelar Pelatihan Renang dari The American Swimming Coaches Associastion (ASCA) yang akan dipimpin Chad Onken (nomor dua dari kanan) dalam konferensi pers di hotel bilangan Sleman, Yogyakarta, Selasa (2/5/2023) (WAHID FAHRUR ANNAS/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pengurus Daerah Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Yogyakarta mengadakan kepelatihan renang bersertifikat Internasional bagi pelatih renang di seluruh Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, PRSI langsung menggandeng The American Swimming Coaches Association (ASCA) yang didukung Finis.

ASCA merupakan lembaga pelatihan renang asal Amerika Serikat yang berdiri sejak 1958. Lembaga itu sudah terkenal memberikan pelatihan untuk pelatih-pelatih di duniay yang ingin meningkatkan kualitas dan ilmu pengetahuan.

Hampir semua pelatih renang terbaik di AS juga menjadi anggota ASCA yang sudah diakui kompetensinya. Salah satunya Bob Bowman yang pernah melatih perenang top AS, Michael Phelps.

Phelps tercatat peraih 28 medali Olimpiade. Hingga saat ini, dia masih memegang rekor peraih medali terbanyak dalam sejarah Olimpiade.

Oleh karena itu, Maryanto selaku Ketua Umum Pengda PRSI DIY merasa senang ASCA hadir di Yogyakarta untuk memberikan kepelatihan kepada pelatih renang.

Ia berharap kepelatihan pelatih bersama ASCA ini bisa mejadi starting point dunia akuatik Indonesia karena pesertanya memang pelatih dari seluruh nusantara.

Baca Juga: 1 Medali Rifda, Senam Indonesia Punya Kans Tuju Olimpiade Paris 2024

"Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi starting point dunia akuatik Indonesia pada umumya dan DI Yogyakarta pada khususnya yang harus diakui kita sudah tertinggal 25 tahun dari provinsi lain," ujar Maryanto.

Sebagai informasi, pelatihan ini diikuti 172 pelatih renang, termasuk tiga pelatih dari negeri jiran, Malaysia. Digelar pada 4-6 Mei 2023.