SEA Games 2023 - Indonesia Borong Medali di Cabor Unggulan Kamboja, Pelatih Optimistis Ada Potensi Lebih

By Nestri Y - Selasa, 9 Mei 2023 | 19:30 WIB
Aksi atlet kun bokator Indonesia, Alfadhila Ramadhan, saat tampil pada nomor bokator spirit form perseorangan putra di Hall C Chroy Changvar Convetion Center, Kamboja, 4 Mei 2023. Alfadhila mempersembahkan medali pertama untuk Kontingen Indonesia. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA/HP)

BOLASPORT.COM - Indonesia dinilai berpotensi mengembangkan cabang olahraga unggulan Kamboja, Kun Bokator setelah memborong medali pada SEA Games 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih timnas kun bokator Indonesia, Agus Nanang Sunarya.

Agus menilai kun bokator Indonesia bisa dikembangkan lebih jauh setelah mampu meraih medali cukup banyak pada SEA Games 2023 Kamboja.

Bahkan, medali pertama Merah Putih disumbang dari cabor ini.

Total cabor kun bokator yang merupakan seni bela diri yang berasal dari Kamboja itu, telah menyumbang tiga medali emas, lima medali perak dan 11 perunggu.

"Mungkin saya pikir sudah mulai harus dipertimbangkan karena kita bisa lihat sendiri seperti apa kualitas atlet Indonesia dan kualitas atlet-atlet pesaing kita," ujar Agus dilansir BolaSport.com dari Antara News.

"Dengan hasil ini, kalau ada support untuk pengembangan cabor ini, kami akan tingkatkan agar bisa lebih baik," tandasnya.

Persiapan timnas kun bokator Indonesia terbilang cukup singkat.

Sejak Oktober 2022 sampai menjelang SEA Games, hanya kurang lebih berjarak enam bulan.

Meski begitu, para atlet timnas kun bokator mampu memanfaatkan dengan baik selama masa persiapan tersebut dan mengeksekusinya dengan maksimal pada hari H pertandingan.