Banyak Peserta Kesulitan di Indonesia Offroad Expedition (IOX) 2023 PALA

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 11 Mei 2023 | 00:33 WIB
Peserta Indonesia Offroad Expedition (IOX) (Istimewa)

BOLASPORT.COM - Event Indonesia Offroad Expedition (IOX) resmi digelar dan ditandai dengan dilepas di Kantor Walikota Pagar Alam (PALA), Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (7/5/2023).

Pelepasan itu sekaligus dimulainya event IOX 2023 PALA yang menempuh perjalanan dari Pagar Alam ke Lampung selama 14 hari dengan jarak 689 KM.

Sebelum event tersebut digelar, pihak panitia melakukan tahap scrutineering (pemeriksaan kendaraan) pada Sabtu (6/5/2023).

Pemeriksaan itu dilakukan untuk menentukan peserta bisa mengikuti start atau tidak.

Bukan hanya kendaraan yang di periksa, tetapi juga kesiapan spareparts, logistic, obat-obatan, dan administrasi peserta.

Tercatat cukup banyak peserta yang gagal memenuhi syarat sehingga harus melengkapi atau memperbaiki dan di scruut ulang hingga lulus.

Semua peserta diperlakukan sama, tanpa perbedaan.

Akibatnya kendaraan Ketua IOX, Ketua Panitia, Sekretaris IOX, dan beberapa pengurus IOX gagal untuk bisa langsung lolos scruut dan harus memperbaiki serta mengulang scruut hingga lulus.

Standard scruut di IOX memang terkenal berat dan tegas tanpa kompromi, mengingat beratnya medan yang akan dijalani peserta.

Sebanyak 52 kendaraan start pada hari pertama, Minggu (7/5/2023).