SEA Games 2023 - Pesilat Indonesia WO di Final Bukan karena Dipaksa, tapi Sudah Diatur di Belakang

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 12 Mei 2023 | 05:00 WIB
Ilustrasi pertandingan pencak silat pada SEA Games 2023. (SPORTSMOMENT.ID/HUSNI YAMIN)

BOLASPORT.COM - Pengunduran diri pesilat Indonesia, Bayu Lesmana, pada final nomor tanding SEA Games 2023 membuat geger. Namun, kepala pelatih, Indro Catur Haryono, merasa masalah ini tak perlu diperpanjang.

Bayu Lesmana diketahui mundur dari kompetisi jelang final kelas tanding U-45 atau di bawah kelas 45kg pada cabang olahraga pencak silat SEA Games 2023.

Seharusnya Bayu menghadapi petarung tuan rumah, Non Sromoachkroham, dalam pertandingan perebutan emas. Bayu sendiri tidak mengalami cedera.

Baca Juga: SEA Games 2023 - Drama Emas Ke-33, Indonesia Harus Menunggu Lama

Keberhasilan Non Sromoachkroham kian tidak biasa karena dia juga melangkah ke final tanpa bertanding di semifinal.

Sekadar informasi, kelas tanding U-45 hanya diikuti empat peserta dengan kompetisi digelar menggunakan format sistem gugur.

Artinya, Non Sromoachkroham meraih medali emas tanpa bertanding.

Fenomena tidak lazim ini sontak mencuri perhatian sejak dibagikan pelatih Bayu di Binaan IPSI Kota Bandung PAL (Program Atlet Andalan), Iedham Paramour.

Akan tetapi, Indro Catur selaku pelatih mengklarifikasi bahwa hasil nomor tanding U-45 memang sudah disepakati sejak awal.

Medali emas gratis ini menjadi "bentuk apresiasi" negara-negara lain, termasuk Indonesia, kepada Kamboja karena mau mempertandingkan pencak silat.