MotoGP Prancis 2023 - Comeback, Marquez Langsung Dapat 'PR' Uji Sasis Baru

By Delia Mustikasari - Jumat, 12 Mei 2023 | 11:15 WIB
Pembalap pengganti Marc Marquez sekaligusb test rider Honda, Stefan Bradl, saat tampil pada latihan MotoGP Americas 2023 di COTA, Austin, Texas, Jumat (14/4/2023) (MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, langsung mendapat banyak pekerjaan rumah setelah dipastikan comeback pada seri balap MotoGP Prancis 2023 di Sirkuit Le Mans, 12-14 Mei.

Selain mengejar poin untuk timnya, juara dunia MotoGO enam kali itu akan menguji sasis Kalex baru pada Honda pada MotoGP GP Prancis 2023.

Marquez akan mencoba sasis baru Honda yang dirancang Kalex untuk pertama kalinya pada grand prix resmi selama sesi latihan Jumat  (12/5/2023).

Honda telah mengalami beberapa tahun yang sulit, dengan musim 2023 sejauh ini terbukti sama sulitnya meskipun Alex Rins (LCR Honda) mengakhiri paceklik kemenangan sejak 2021 pada MotoGP Americas 2023, April kemarin.

Sejak akhir musim lalu, Honda telah bekerja sama dengan pabrikan sasis Jerman, Kalex dalam pengembangan motor yang pertama diwujudkan dalam bentuk lengan ayun.

Kolaborasi ini telah berkembang lebih jauh menjadi sasis lengkap yang didebutkan oleh pembalap penguji HRC (Honda Racing Corporation), Stefan Bradl pada tes pasca GP Spanyol di Sirkuit Jerez awal bulan ini.

Marquez absen dari tes ini karena ia terpaksa melewatkan GP Spanyol karena fokus menjalani pemulihan berkelanjutan dari patah ibu jari yang dideritanya pada balapan pembuka MotoGP musim ini di Portugal.

Pembalap Spanyol itu dinyatakan fit untuk membalap pada Rabu pagi oleh Honda setelah dokter menyarankan dia melewatkan GP Spanyol untuk menghindari kerusakan ibu jarinya yang berpotensi mengakhiri kariernya.

Cuaca memungkinkan pada Jumat pagi di Le Mans membuat Marquez akan memiliki sasis Kalex baru untuk dievaluasi pada P1.

"Ya, salah satu alasan mengapa balapan ini penting adalah untuk menguji berbagai hal," kata Marquez dilansir BolaSport.com dari Motorsport.