Klasemen Medali SEA Games - Dapat Tambahan 6 Emas, Indonesia Bertahan di 3 Besar

By Delia Mustikasari - Selasa, 16 Mei 2023 | 00:15 WIB
Lifter putra Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, di podium juara usai meraih emas kelas 81 kg pada SEA Games 2023 di Olympic Complex: Taekwondo Hall, Phnom Penh, Senin (15/5/2023). (NOC INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Kontingen Indonesia masih bertahan peringkat ketiga klasemen dalam perolehan medali SEA Games 2023, Senin (15/5/2023) malam.

Indonesia mendapat tambahan enam keping medali emas dari empat cabang olahraga. Cabang olahraga angkat besi berhasil menyapu bersih seluruh nomor yang dipertandingkan dengan memborong tiga emas sekaligus.

Lifter putra, Rahmat Erwin Abdullah tampil sempurna di kelas 81 kg putra dengan meraih emas sekaligus memecahkan tiga rekor SEA Games.

Lifter lainnya, Tsabitha Alfiah Ramadani dan Mutiara Ayuningtias juga menambah pundi-pundi emas Indonesia setelah berhasil menjadi yang terbaik masing-masing di kelas 64 kg putri dan 53kg putri.

Sepak takraw menyumbang medali emas kedua bagi kontingen Indonesia melalui nomor double putra usai menundukkan Malaysia pada babak final.

Tambahan emas juga didapat dari Tamesti Maheswari Megawati yang menjadi terbaik di taekwondo nomor Kyorugi 53kg putri dan Abdul Aziz di kickboxing nomor kick light -63kg putra.

Raihan enam emas tersebut membuat Indonesia mempertahankan posisinya di peringkat ketiga dengan total koleksi 76 emas.

Kamboja masih membuntuti kontingen Merah Putih di urutan empat dengan selisih lima keping emas.

Sementara itu, Vietnam masih kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 123 medali emas. Thailand berada tepat di belakang tim Negeri Paman Ho tersebut dengan 94 medali emas.

Gulat putri Indonesia berhasil mendulang lima medali untuk Kontingen Merah-Putih pada SEA Games 2023 Kamboja, Senin.