Ada Peran Psikolog di Balik Medali Emas Timnas U-22 Indonesia, Rio Fahmi Ceritakan Secarik Kertas Penumbuh Optimis

By Bagas Reza Murti - Selasa, 23 Mei 2023 | 19:55 WIB
Tim Psikolog Timnas U-22 Indonesia yang dipimipin oleh Psikolog Universitas Airlangga, Afif Kurniawan. (INSTAGRAM.COM/AFIF.KNWN)

BOLASPORT.COM - Pemain timnas U-22 Indonesia, Rio Fahmi membeberkan peran Psikolog yang turut membantu Garuda Muda meraih medali emas SEA Games 2023.

Keberhasilan timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 tidak bisa dilepaskan dari sisi non-teknis yang digarap langsung oleh tim Psikolog.

Indra Sjafri memang secara sengaja memasukkan tim psikolog untuk mendampingi langsung skuad timnas U-22 Indonesia.

"Ini terus terang yang baru berkumpul lengkap kan lima hari sebelum kita ke sini tanggal 25," ujar Indra Sjafri setelah laga kedua grup A SEA Games 2023 melawan Myanmar.

"Dan dari pertandingan ke pertandingan anak-anak chemistry-nya makin baik dan saya minta bantuan ke tim psikolog hadir ke sini 2 orang."

Baca Juga: Ramadhan Sananta ke Persis Solo Makin Jelas, dari Bocoran Rizky Ridho hingga Kode Manajemen Baru Selesai Tugas

MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Bek sayap kiri timnas U-22 Indonesia, Pratama Arhan, sedang memperlihatkan medali emas SEA Games 2023 saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (19/5/2023) malam.

"Untuk agar bagaimana mereka menjadi satu, masalah mental kami dibantu oleh tim psikolog," tambahnya.

Peran Psikolog ini diakui salah satu penggawa timnas U-22 Indonesia, Ilham Rio Fahmi.

Bek asal Banjarnegara, Jawa Tengah itu bercerita di hadapan Ganjar Pranowo pada Senin (22/5/2023).