Nasib Tragis Prancis, Bengis kepada Timnas U-20 Indonesia, Menangis Hadapi Gambia di Piala Dunia U-20 2023

By Taufik Batubara - Jumat, 26 Mei 2023 | 10:24 WIB
Marselino Ferdinan berusaha melewati pemain Prancis saat membela Timnas U-20 Indonesia dalam uji coba di Spanyol, 18 November 2022. Prancis digdaya dalam laga itu, tapi menangis di hadapan Gambia. (PSSI.ORG)



BOLASPORT.COM - Masih ingat kebengisan Prancis yang melumat habis Timnas U-20 Indonesia dalam persiapan ke Piala Dunia U-20 2023?

Kala itu, Jumat (18/11/2022) WIB, di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Garuda Nusantara dihancurkan Prancis 6-0.

Shin Tae-yong sengaja mengasah Marselino Ferdinan dkk ke Eropa dalam rangkaian uji fisik, mental, dan teknik sebagai peserta sekaligus tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sayang seribu sayang, Indonesia dicoret FIFA sebagai tuan rumah akibat penolakan dari sejumlah pejabat daerah, partai politik, dan komunitas ormas terhadap kehadiran Israel.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U-20 2023 - Wonderkid Leeds Menangkan Inggris, Korsel Ditahan 10 Pemain Honduras

Kembali ke soal Prancis, yang sangat digdaya di hadapan Garuda Nusantara, kini tak berdaya menghadapi Gambia.

Dinukil dari laman resmi FIFA, tim Afrika Barat yang jumlah populasinya mirip penduduk Depok (sekitar 2,4 juta) itu membuat Prancis menangis.

Timnas U-20 Gambia menang 2-1 atas juara Piala Dunia U-20 2013 tersebut.

Pelatih Timnas U-20 Prancis Landry Chauvin menurunkan hampir sebagian besar pemain saat meladeni Indonesia tahun lalu, yakni sembilan orang.

Dari sembilan peman itu, tujuh di antaranya menjadi starter kontra Gambia, mulai dari kiper utama Yann Lienard, empat pilar pertahanan (Jordan Semedo Varela, Tanguy Zoukrou, Brayann Pereira, Cheick Keita), hingga dua gelandang (Florent Da Silva Sanchez dan Martin Adeline).

Tak ada Matthis Abline, kapten Prancis yang memborong dua gol saat mengalahkan Indonesia dulu.