Timnas Indonesia Turunkan 10 Pemain Abroad di Starting XI Lawan Argentina, Kenapa Tidak?

By Bagas Reza Murti - Rabu, 31 Mei 2023 | 17:30 WIB
Skuat timnas Indonesia (skuad timnas Indonesia) sedang berfoto bersama jelang bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/3/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - 10 pemain abroad dipanggil Shin Tae-yong untuk skuad timnas Indonesia melawan Palestina dan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023, semuanya bisa dimainkan di starting XI.

Dari 26 pemain timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023, Shin Tae-yong memanggil 10 pemain abroad alias berkarier di luar negeri.

Kesepuluh pemain tersebut, dua berasal dari Liga Malaysia, satu dari Liga Jepang, satu dari Liga Korea Selatan, dan enam lainnya berasal dari liga-liga Eropa.

Mereka adalah Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Elkan Baggott (Cheltenham Town FC).

Demi meraih hasil terbaik lawan Palestina dan Argentina, sepuluh pemain abroad tersebut bisa dimainkan di starting XI, tentunya tanpa mengecilkan pemain yang bermain di liga domestik.

Baca Juga: Takut Pemain Bosan, Erick Thohir Isyaratkan Timnas U-23 Indonesia Pakai Pelapis di Piala AFF U-23 2023

MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Shayne Pattynama, sedang memberikan salam hangat saat ditemui di Kantor Kemenkumham Wilayah DKI Jakarta, Cawang, Jakarta Selatan, 24 Januari 2023.

Bila begitu, kemungkinan akan ada beberapa penyesuaian jika Shin Tae-yong mempercayakan 10 pemain abroad di starting XI.

Asnawi ataupun Sandy Walsh kemungkinan salah satunya akan dipasang sebagai gelandang bertahan ataupun bek tengah jika memainkan pola 3 bek.

Sementara Shayne Pattynama dan Pratama Arhan akan berbagi peran di sisi kiri.