Kisah Mesin Bandel Jim Miller, Si Paling Petarung di UFC yang Tak Kenal Kompromi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 2 Juni 2023 | 07:00 WIB
Jim Miller (kanan) melepaskan pukulan ke Thiago Alves dalam pertarungan kelas tangkapan pada UFC 205 di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat, 12 November 2016. (TWITTER.COM/FIGHT24.PL)

BOLASPORT.COM - Jim Miller mungkin belum pernah merasakan sabuk juara melingkar di pinggangnya. Akan tetapi, dia punya cara lain untuk menaruh warisannya di UFC.

Miller membangun legasinya dengan memegang dua rekor penting di UFC yaitu pertandingan terbanyak (41 laga) dan kemenangan terbanyak (24 laga) dalam sejarah.

Tak cuma sekadar tampil, Miller juga pernah berbagi arena dengan sejumlah nama besar di ajang MMA paling bergengsi ini.

Baca Juga: Jim Miller Ungkap Rahasia Karier Panjang di UFC Jelang Lawan Jared Gordon pada UFC Vegas 74

Daftar lawan Miller dimulai dari jagoan lawas seperti Benson Henderson, Donald Cerrone, Nate Diaz, hingga jawara yang masih aktif yaitu Charles Oliveira, Dustin Poirier, dan Beneil Dariush.

Keaktifan petarung kelas ringan asal New Jersey, Amerika Serikat, tersebut menjadi pembeda dalam rekor pertandingan ini.

Jika dirata-rata sejak debut impresifnya di oktagon pada Oktober 2008 hingga laga terakhirnya pada Februari 2023, Miller setidaknya bertanding sekali setiap 4 bulan dan hampir 1 pekan.

"Jujur saya, banyak keberuntungan terlibat di dalamnya," aku Miller kepada BolaSport.com soal kunci dari karier panjangnya dalam wawancara via Zoom.

Keberuntungan ini dipadukan Miller dengan lingkungan yang positif, sikap keras kepala, dan catatan medisnya yang minim dengan cedera.

Miller malah berseloroh cedera terberatnya adalah ketika lehernya kaku gara-gara menabrak dada rekan sparing yang lebih tinggi dengan keras.